Cara terbaik untuk memicu pemikiran inovatif

Cara terbaik untuk memicu pemikiran inovatif.

 

Ada perbedaan besar antara penemuan dan inovasi. Penemuan berarti menciptakan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya. Inovasi, di sisi lain, memperbaiki atau menciptakan kegunaan baru untuk sesuatu yang sudah ada.

Ambil iPod. Sebagai terobosan seperti saat memulai debutnya pada tahun 2001, pada dasarnya ini adalah yang baru - dan yang lebih baik - ambil MP3 player.


Cara terbaik untuk memicu pemikiran inovatif adalah dengan mengajarkan otak Anda untuk berpikir dengan cara baru. Berikut adalah lima eksperimen pemikiran untuk membantu Anda memulai.

1 - Tantanglah persepsi Anda

Kita semua memiliki praduga. (Ingat gelembung perumahan dekade yang lalu, ketika semua orang mengira nilai rumah hanya bisa naik dan turun?) Tambahkan kecenderungan kita untuk melihat apa yang sudah kita inginkan atau harapkan untuk kita lihat, dan hasilnya bisa menjadi kekurangan kecerdikan, kata Holly Green, CEO dari The Human Factor, sebuah konsultan kepemimpinan yang berbasis di Denver. Semua mengatakan, prasangka dapat melumpuhkan kemampuan kita untuk mengantisipasi perubahan pasar, perubahan kebutuhan pelanggan dan ancaman persaingan, tambahnya.
Sebuah teka-teki tentang seekor anjing menyeberangi sungai

2 - Buat patters baru

Baca kalimat berikut ini:

"Untuk mengetahui di Cmabridge Uinvervtisy, itu tidak berarti apa-apa pada siapa pun yang ada di sana, kata-kata terakhir adalah bahwa si frist dan orang-orang berada di dalam printer rghit."

Anda bisa memahami tumpukan surat-surat yang tidak berurat ini karena otak Anda secara otomatis mengenali pola kata. Tapi kabel keras yang sama yang memungkinkan kita mengenali dan mengisi pola juga bisa mempengaruhi cara kita menerima dan menafsirkan informasi, menurut ahli kreativitas Michael Michalko.
Penggoda otak tentang titik-titik

Garis menciptakan pola baru di otak Anda yang menyebabkan Anda melihat titik-titik itu secara berbeda. Demikian pula, Anda dapat mengganggu pola berpikir yang kaku dengan jenis informasi baru yang membebaskan pikiran Anda untuk melihat masalah dalam cahaya baru.

3 - Tolak stereotip

Dalam eksperimen sosial yang terkenal, seorang pemuda berdiri di dinding di sebuah stasiun Metro di Washington, DC, pada jam sibuk pagi dan bermain biola. Dia bermain enam buah saat lebih dari 1.000 orang lewat. Dalam 45 menit, hanya 27 orang yang memberikan total $ 32.

Apa yang dilewatkan oleh penumpang - mungkin dengan stereotip dia hanya sebagai orang lain di bawah tanah yang mencari uang - adalah bahwa orang ini adalah musisi terkenal dunia Joshua Bell, yang bermain biola Stradivarius seharga $ 3 juta. Tiga hari sebelumnya Bell telah tampil di sebuah konser terjual habis di Simfoni Hall Boston, di mana rata-rata tempat duduk terjual seharga $ 100.

Bila kita secara sadar atau tidak sadar menyerah pada stereotip, kita bisa kehilangan hak sihir di depan kita.


4- Pikirkan secara universal

Salah satu cara untuk "mengatur ulang" pola pikir kita dan mendorong inovasi adalah dengan berfokus pada hal yang universal daripada yang spesifik, kata Michalko. Ketika penemu Swiss George de Mestral menemukan Velcro, misalnya, yang sebenarnya ingin diciptakannya adalah ritsleting yang lebih baik. Tapi alih-alih memikirkan ukuran, desain atau tipe ritsleting yang baru, dia berpikir secara lebih universal tentang cara membuat pengikat yang lebih baik, yang membuka pintu untuk solusi yang lebih inovatif.

Setelah mengambil anjingnya untuk mendaki suatu hari , Mestral menemukan inspirasinya di alam. Dia melihat bagaimana burs dari tanaman burdock menempel pada bulunya dengan banyak kait kecil. Gagasan untuk Velcro lahir.


5 - Buat asosiasi jarak jauh

Uji Remote Associates , yang dikembangkan pada tahun 1960an, menantang Anda untuk memikirkan satu kata atau konsep dengan cara yang berbeda.

Anda mendapatkan tiga kata, dan tugas Anda adalah mengidentifikasi yang keempat yang terkait dengan ketiganya. Pikiran Anda harus mempertimbangkan konsep yang berbeda untuk membuat asosiasi kata jauh. Semakin jauh asosiasi, semakin kreatif angkat yang dibutuhkan pada akhir Anda.

Misalnya, kata apa yang berhubungan dengan ketiga kata ini?

cat / boneka / kucing

Jawabannya adalah "rumah" - seperti "cat rumah", "rumah boneka" dan "kucing rumah".
Asosiasi lebih jauh

No comments:

Post a Comment